Pantai Santolo


Pantai Santolo adalah sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Garut tidak hanya terkenal dengan Jeruk Garut tetapi salah satu pantai yang populer terdapat di Kabupaten Garut yaitu Pantai Santolo. Terletak di kec. Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut atau biasa disebut Garut Selatan, Garsel atau Garsela, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km dari Garut Kota. Pantai ini cukup dikenal di kota Bandung dan merupakan daerah tujuan wisata . Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang indah. Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk. Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang. Selain itu kita bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.

Informasi tentang Pantai Santolo dan Sayang Heulang :
Lokasi: Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut
Koordinat : 7 39' 40" S, 107 41' 11" E
Arah: sebelah selatan pusat Kota Garut dengan jarak tempuh sekitar 3,5 jam perjalanan kendaraan dan berjarak sekitar 88 Km.
Fasilitas: Kios Souvenir, Hotel, Homestay
Tempat yang berjarak kurang lebih 150 km dari kota Bandung sangat indah sekali, tapi emang aga lumayan karena jarak tempuhnya hampir sama seperti jarak tempuh dari Bandung ke Pantai Pangandaran karena waktu yang ditempuh sekitar 5-6 jam dengan kecepatan standar (ya cepet-cepet dikit ga sampe 90 km / jam).
Perjananan menuju ke Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang yang katanya indah dan masih belum terlalu ramai dikunjungi orang cukup berkelak kelok dan lumayan aga serem juga sih jalur nya untuk yang belum biasa untuk perjalanan jauh dan berkelak-kelok.

Untuk yang mengambil jalur Cikajang lurus aja ikutin jalur sampai menemukan 2 pilihan jalan, yaitu ke kiri menuju Sancang , dan ke kanan menuju Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang, dan nanti ambil jalur ke kanan saja, dari situ luruuusss aja terus nanti sampailah di jalan cilauteureun dan ada belokan ke kiri menuju pantai Sayang Heulang, kami tidak belok tapi lurus dikit lagi lalu ketemu belokan ke kiri berikutnya yang menuju Pantai Santolo. nah kalau kawan2 ingin ke Pantai ranca buaya, hanya tinggal lurus saja dari jalan utama Cilauteureun tersebut.

Santolo Beach





 

 
 

Reply to this post